Mobil anda boros?

10 Nov

ada beberapa faktor-faktor yang menyebabkan mobil yang anda kendarai menjadi boros.

1. cara mengendarai

apabila cara anda mengendarai mobil salah, bahan bakar yang terdapat pada tangki anda akan berkurang lebih cepat, karena ada ketidakstabilan dalam proses pembakarannya.

2. oli

oli yang kental lebih berpengaruh terhadap banyaknya konsumsi bensin pada kendaraan anda, karena mesin di pacu bergerak dengan media yang berat (oli kental), sehingga membutuhkan energi penggerak yang besar pula, sedangkan oli encer akan lebih menghemat energi kendaraan, sehingga konsumsi menjadi lebih dikit. oli yang di rekomendasikan yaitu oli dengan SAE 5W-30 (khusus untuk mobil yang telah menggunakan sistem VVT, bila yg belom dengan sistem tersebut oli yang di rekomendasikan adalah 10W-40).

3.air injection

dengan menambahkan pasokan udara pada intake manifold (menambahkan katalisator terlebih dahulu) sehingga akan menekan udara ke ruang bakar dan membuat lebih homogen.pembakaran lebih sempurna.

4.pelak/velg (wheel)

semakin besar dan berat  velg yang digunakan, maka mobil akan semakin boros.

5.Remapping ECU

khusus bagi mobil-mobil yang telah menggunakan Electronic Control Unit (ECU).

6.Setel AFR ( Air Fuel Ratio) / wideband lambda

untuk mengetahui komposisi oksigen dalam pembakaran. Sistem ini kebanyakan juga di gunakan bagi anda pengguna mobil ber-ECU, karena untuk mengatur sistem yang satu ini rada ribet. cara untuk mengetahuinya sih gampan aja, tinggal memasang AFR ini lewat saluran knalpot anda.Tetapi, untuk mengetahui kadar oksigen yg ada ngga bisa langsung, karena ngga ada tampilan yang langsung nunjukin ke dashboard.coz of that, dalam sistem ini kondisi pembakaran boros dan irit tidak terditeksi, kecuali dengan alat tambahan seperti piggy back. Kondisi volume udara dengan  bensin musti ideal,yaitu dengan rasio 14,7 : 1.

7.kondisi mesin

komsumsi bensin dapat dihemat dengan cara mengembalikan kondisi mesin kesetelan paling ideal.sehingga mesin dapat bekerja secara optimal dan mengunakan energi secara lebih efisien.

8.busi / koil

dengan mengenakan koil yang berukuran pas dan menghasilkan arus yang seimbang, konsumsi bensin mobil anda berkurang.

9.Tekanan angin pada ban

apabila tekanan angin pada ban rendah, konsumsi bensin bertambah. hal tersebut disebabkan karena tekanan rendah membuat ban mengalami deformasi atau perubahan bentuk sehingga tampak lebih lebar dan gesekan dengan jalan lebih besar, sehingga membutuhkan tenaga yang lebih besar pula untuk menjalankan mobil.

10.Jendela kaca

bila ingin hemat,jangan buka kaca mobil anda saat melaju, karena kalo jendela di buka,akan menghasilkan hambatan angin jadi lebi besar dan laju kendaraan otomatis juga tertahan.jadi, mesin akan butuh tenaga yang lebi gede buad ngejalanin mobilnya.

nah, itu ada 10 tips kecil buad kalian yang pengen kalo mobilnya jadi lebih hemat BBM (mengingat harga BBM yang sedang mahal, walaupun sekarang baru turun harga, ttp aja masi mahal)

kalo ada yg bingung tanyain ajah yak..^^

2 Tanggapan to “Mobil anda boros?”

  1. segatheoriginal November 11, 2008 pada 12:02 am #

    huahh..
    ngantuk loh..
    bela2in ngepost ampe jam sgini..
    semoga ini berguna untuk semua n dunia..
    (kurangi global warming n krisis BBM ama kantiong skalian..xD)

  2. katrina Desember 29, 2008 pada 9:11 am #

    trus udah nge-post pagi2 sampe ngantuk ga ada yg kasih komen.huahahahahahaha…kasian bgt sih lu..gw jg kasih ni komen belom baca loo…jadi blm bisa bilang bagus jelek.ehehe:P

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: